Amerika merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang sangat maju. Negara berbasis Republik konstitusional Federal atau merupakan satu negara dengan banyak negara bagian yang ada didalamnya serta 1 negara distrik. Amerika ini menawarkan kualitas sistem pendidikan yang sangat menjanjikan. Akan ada banyak pilihan bagi para mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Negara maju ini.

Mulai dari struktur pendidikan di Amerika sendiri. Struktur pendidikannya meliputi sekolah primer dan juga sekunder. Bagi para pelajar Amerika mereka akan memasuki sekolah primer dan juga sekunder ini dalam kurun waktu 12 tahun. Dalam waktu 12 tahun, pelajar Amerika yang memasuki umur 6 tahun akan mulai bersekolah pada sekolah primer. Di Amerika sana sekolah primer disebut sebagai elementary school atau Sekolah Dasar di Indonesia. Jika sudah selesai sekolah primer maka akan dilanjutkan dengan sekolah sekunder. Jika sudah memasuki sekunder ini maka akan terbagi menjadi 2 program. Program tersebut yaitu middle school atau sekolah menengah atau junior high school. Dan juga program keduanya yaitu high school atau sekolah menengah atas. Bagi para pelajar Amerika Serikat yang sudah lulus High School mereka akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Indonesia lebih sering disebut sebagai Universitas. Mereka akan mendapatkan gelar di diploma selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Di Amerika Universitas lebih dikenal sebagai higher education .

Untuk sistem penilaian dari negara Amerika ini juga unik. Bagi Anda yang ingin melanjutkan perguruan tinggi ke Amerika ini Anda harus mengirimkan berbagai transkrip akademik. Hal itu merupakan salah satu syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar di Universitas. Transkrip akademik ini sangat penting di Amerika. Karena dianggap sebagai great atau nilai dan Grade Point Average atau GPA yang merupakan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK. Sehingga digunakan sebagai ukuran dari pencapaian akademik Anda pada jenjang sebelumnya. Ada banyak variasi penilaian yang diterapkan di negara Amerika ini.

Sehingga bagi Anda yang ingin mencoba meneruskan pendidikan ke negara Amerika ini harus dapat mempertimbangkan kampus mana yang tepat untuk Anda memasuki sesuai dengan persyaratan dan nilai yang dimiliki. Di Amerika Serikat saat ini untuk tahun ajaran baru biasanya dimulai pada bulan Agustus atau September. Kemudian tahun akademik tersebut dilanjutkan pada bulan Mei atau pada bulan Juni. Sehingga dapat dikatakan bahwa banyak maba atau mahasiswa baru yang memulai pendidikan pada musim gugur. Amerika Serikat juga menerapkan akademik yang terdiri 2 term atau jika di Indonesia adalah akrab disebut sebagai 2 semester. Namun tidak menutup kemungkinan juga di beberapa Universitas Amerika Serikat menggunakan kalender 3 term semester.

Sistem pendidikan yang ada di Amerika ini memang sangat luar biasa. Banyak universitas-universitas ternama yang berada di negara ini. Sehingga tidak menutup kemungkinan banyak sekali mahasiswa internasional yang berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri ketika pembukaan mahasiswa baru di berbagai Universitas dibuka. Untuk itu Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Amerika harus berusaha keras dan mencari banyak-banyak informasi.

bectietco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *